Sunday, January 1, 2012

16 Ribu Tweet per Detik, Twitter Lumpuh

Tepat saat pergantian tahun, langit di berbagai belahan dunia dipenuhi warna-warni kembang api dengan suara yang menggelegar. Namun di dunia maya, pengguna Twitter di sejumlah kawasan terpaksa sunyi senyap.

Pada pergantian tahun yang baru lalu, Twitter mengalami banyak gangguan teknis. Gangguan tersebut muncul karena situs mikroblogging itu tak sanggup menampung beban ucapan selamat tahun baru dari jutaan penggunanya.

Gangguan terhadap jaringan Twitter terjadi berkali-kali ketika peralihan tahun terjadi di kawasan tertentu.

Sebagai contoh, di Inggris, situs tersebut tak dapat beroperasi tepat pada pukul 3 sore, bersamaan dengan pergantian tahun 2011 ke 2011 di Jepang. Pengguna Twitter asal Inggris tak dapat menggunakan layanan selama lebih dari 1 jam.

Ketika gangguan terjadi, pengguna Twitter saat itu tengah mengirimkan 16.197 tweet per detik.

Gangguan itu membuat pengguna tidak bisa mengirimkan pesan baru atau membaca pesan-pesan yang masuk ke timeline masing-masing. Mereka hanya mendapatkan notifikasi ‘Twitter is over capacity’ di layar.

Situs itu kemudian kembali aktif namun lagi-lagi mengalami gangguan. Diperkirakan, gangguan terjadi karena tahun 2012 baru tiba di sejumlah kawasan di berbagai belahan dunia.

“Sangat menakjubkan bagaimana 3 kata bisa merusak hari saya. Twitter over capacity,” keluh seorang pengguna Twitter, dikutip dari DailyMail, 2 Januari 2012. “Resolusi tahun baru Twitter seharusnya adalah saya tidak akan lagi over capacity,” keluh pengguna lain.

Sumber: VIVAnews


0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More