Friday, August 6, 2010

Cara Membuat Software Yang di Install Menjadi Portable

Sebenarnya di internet sudah ada situs yang menyediakan beberapa aplikasi portable yang free namanya http://www.portableapps.com, tapi sayangnya ga ada aplikasi gamenya(hehehe). Karena obsesi yang mengebu-gebu akhirnya surfing lagi….dan akhirnya dapat juga software yang membuat software portable namanya Thinstall, kamu bisa kunjungi website foundernya di http://www.thinstall.com. Ok, langsung aja di sharing cara pembuatannya.
1. Install dulu Thinstall nya. Caranya Double klik installernya lalu hantam aja next sama ok.
2. Jalankan software dari tombol start > program > Thinstall Virtualization Sute > Setup Capture. Maka akan muncul jendela aplikasinya.
3. Klik tombol start > preinstall.
4. Maka Thinstall akan melakukan scanning terhadap konfigurasi komputer, termasuk software yang sudah terinstall.
5.Nah, sampai sini tahan dulu. Thinstallnya dibiarin aja. Sekarang install software yang ingin kamu jadikan portablenya. Sebagai contoh saya akan menginstall AcrobatReader 8. Ngistallnya juga biasanya, hantam next, install, sampai ketemu finish berarti dah terinstall.
6. Ok, kita anggap Softwarenya sudah terinstall dikomputer kita. Sekarang kembali lagi pada Thinstall tadi. Klik tombol Post-Install Scan>> nya. Trus scanning lagi deh untuk mengecek perubahan registry dan software yang ada.
7. Dilanjutkan dengan menekan tombol Continue, selanjutnya Save Result. Setelah di simpan klik tombol Quit untuk keluar.
8. Ups, masih ada lagi. Sekarang buka Windows Explorer, masuk ke dalam folder C:\Program Files\Thinstall.VS\Captures\Adobe Reader 8.1.2. (lihat gambar)
9. Langkah terpentingnya mulai dari sini. Pertama copy kan file ##Attributes yang ada di dalam folder %Desktop% ke folder di luarnya. Lalu buka file Package dengan menggunakan Notepad dan edit
[Compression]
CompressionType=None (diubah menjadi Fast)
;CompressionType=Fast
[Isolation]
DirectoryIsolationMode=WriteCopy(diubah menjadi Merged)
;DirectoryIsolationMode=Merged
Jangan lupa di save yach..
10. Setelah itu, double klick file build.bat
11. Muncul jendela console proses pembuatan aplikasinya. Tunggu sampai selesai. Dan folder bin muncul, dimana folder tsb adalah tempat aplikasi portable nya tersimpan.
Selamat deh, akhirnya kamu punya aplikasi adobe reader yang portable. Silahkan coba dikomputer lain yang belum terinstall aplikasi tersebut.

Sumber: http://sevensix1983.blogspot.com


0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More