Monday, October 11, 2010

Kembalikan Kapasitas Flash Disk Yang Berkurang

Kemarin salah teman saya membeli sebuah Flash Disk 8GB. Trus tanpa sengaja flash disknya tersebut terformat. Kebetulan dia nyimpan backup flash disknya di komputer saya, dia minta tolong isiin datanya lagi ke dalam flash disk tadi…Tapi apa yang terjadi… Baru ditransfer sekira 4 GB lebih sedikit, di komputer sudah muncul peringatan kalo flashdisknya kepenuhan. Trus karena kurang yakin saya cek kapasitas flashdisknya, ternyata memang betul sudah penuh, tapi kok isinya cuma 4 GB. Walaah…kemana yang 4 GB lagi???

Saya coba untuk memformat flashdisk tersebut sekali lagi, tapi kapasitasnya juga masih tetap 4 GB… Wah, gawat ni…Trus saya coba tanya-tanya sama mbah google, berbagai macam cara sudah saya kerjakan, malah ada forum yang menyuruh untuk mengembalikan lagi flashdisk tadi ke toko… ha..ha..ha…
Kebetulan tadi saya pergi ke Toko Komputer langganan saya buat beli Flasdisk baru lag. Iseng-iseng saya coba tanyakan sama teknisinya, trus dia bilang mungkin Flashdisknya ngalamin yang namanya bad sector, tapi dia juga ga pernah ngalamin kasus yang seperti ini, dan jadilah flash disk 8Gb tadi sebagai kelinci percobaan…
Mungkin kawan-kawan juga ada yang ngalamin kejadian seperti ini. Kalau iya, ikuti langkah berikut :

Pertama
Download dan install program Hard Disk Low Level Format Tool ke computer anda, link downloadnya ada di bawah…

Kedua
Kalo udah, trus colokkan Flashdisk anda yang bermasalah tadi ke computer anda. Pilih USB Flashdisk anda (ingat, jangan hardisknya ya…, saya ga mau tanggung jawab kalo data hardisk anda hilang…), dan klik CONTINUE.
Ketiga
Pilih Tab LowLevel Format, dan klik FORMAT THIS DEVICE, tunggu prosesnya selesai, bisa sambil ngopi kok…

Keempat
Setelah proses formatnya selesai, close program Hard Disk Low Level Format Tool tadi.

Sampai disini udah ngerti belum???
Eiit, tapi perjuangan belum berakhir bung..., masih ada yang harus dilakukan…

Kelima
Buka windows eksplorer, klik kanan USB Flashdisk anda tadi, dan format sekali lagi…

Keenam
Mudah-mudahan berhasil…

Silahkan cek kembali kapasitas flashdisk anda, pasti sudah kembali seperti semula…
Tapi kalo belum, saya minta maaf ya... Kalo saya boleh usul pakai istilah LEMBIRU saja... “Lempar beli baru..”, He..he..he... Ga kok, Cuma becanda, tapi ga ada salahnya untuk mencoba cara di atas tadi kan...???

Semoga berhasil dan jangan lupa kasih komentar ya...

Password: catatan-putranaga.blogspot.com


12 komentar:

Mangkoeboemi said...

not working gaaaannnnn,,,,

Blog Ardian said...

@Mangkoeboemi, trims udah mampir. Kalo boleh tau, kronologis kejadiannya gimana om?

News,Software,and Entertainment said...

kerennn gannn bekerja dengan baik.... kembali seperti semula....tadinya 8 gb eh jd 3.5 ..sekarang kemabli lgi...thnx sebanyak-banyaknya

Andriana said...

Thanks you for sharing. Kapasitas Flashdisk kembali normal. succesfully,once again Trims.

wksahadewa said...

berhasil mas!!!
hatur nuhun XD hehee...

Risal Pratama said...

udah dihapus tuh ama ziddunya, bang..

aji juan priyambada said...

kok jadi 0 yak ???

aji juan priyambada said...

tetep gk jadi Awal 1gb skrg 246 mb

rezza yuliansyah said...

makasih brow

Munawir Alfikri said...

Alhamdulillah... :)
Terima kasih sobh.. work banget

Fikrismea.blogspot.com

Damian alvan said...

gak bisa gan
dari 8 gb jadi cuma 5 mb

Mitha Yumitha said...

ga bisa gan.. ga bekerja.."this device cannot be accesed because it is smaller than 65535 sector

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More